Cegah Kenakalan Remaja, Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Beri Penyuluhan Pada Siswa SDN 02 Pulogading

  • Aug 15, 2023
  • Yudha
  • Berita Desa, Pendidikan, Kemasyarakatan

Brebes (24/07/2023) - Remaja merupakan masa-masa yang dikenal sebagai masa peralihan dari seseorang yang sebelumnya anak-anak menuju dewasa. Dalam tahap ini seseorang cenderung melakukan pencarian terhadap jati diri dan pola hidup yang sesuai dengan dirinya. Pencarian tersebut dilakukan dengan berbagai metode dengan mencoba terus menerus, yang mana dalam melakukannya seseorang tersebut tak jarang melakukan kesalahan. Kesalahan-kesalahan inilah yang menjadi keresahan bagi lingkungan sekitarnya dimana hal inilah yang berpotensi untuk menjadi kenakalan remaja.

Gambar 1 : Mahasiswa memberikan penyuluhan kenakalan remaja

Kenakalan remaja adalah perbuatan anak remaja (usia belasan) yang melanggar nilai dan norma sosial serta mengganggu ketertiban umum bahkan hingga melanggar hukum yang berlaku. Kenakalan remaja inilah yang menjadi fokus utama dari program kerja salah satu mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2022/2023. 

Mahasiswa tersebut menegaskan bahwa pencegahan kenakalan remaja harus diinisiasi atau ditanamkan sejak dini, sehingga penyuluhan tersebut dilakukan dengan target siswa kelas 6 SD Negeri 02 Pulogading yang terletak di Desa Pulogading. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan pada tanggal 25 Juli 2023. Di dalam kegiatan ini diperkenalkan kepada para siswa apa yang termasuk dalam perbuatan kenakalan remaja, mulai dari kenakalan biasa dan kenakalan yang sifatnya termasuk dalam pelanggaran hukum.

Gambar 2 : Antusiasme siswa kelas 6 SDN 02 Pulogading

Penyuluhan ini ditanggapi dengan baik oleh para siswa, serta dalam berjalan prosesnya kegiatan penyuluhan ini antusiasme dari para siswa terlihat. Pada akhir dari penyuuhan ini dilakukan post-test guna menguji terkait pemahaman para siswa terkait dengan kenakalan remaja. Berdasarkan pada test tersebut Sebagian besar dari siswa kelas 6 SD Negeri 02 Pulogading termasuk dalam kategori yang sudah memahami mengenai apa yang dimaksud dan termasuk dalam kategori kenakalan remaja.

 

Penulis : Yudha Farendra Suhari