Pembuatan Peta jalur Evakuasi serta Pengenalan Cara Evakuasi oleh Mahasiswa KKN sebagai Upaya Mitigasi Bencana SD Negeri 02 Pulogading

  • Aug 15, 2023
  • Yudha
  • Berita Desa, Pendidikan

Brebes (26/07/2023) - Pemetaan jalur evakuasi serta pengenalan cara evakuasi yang baik merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan kepedulian tanggap bencana. Pemetaan serta sosialisasi tersebut diberikan oleh Muhammad Bintang Firmansyah yang merupakan mahasiswa KKN Tim II UNDIP Tahun 2022/2023 dari Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro kepada SD Negeri 02 Pulogading pada hari Selasa, 26 Juli 2023. Selain itu, juga diberikan tanda jalur evakuasi serta titik kumpul pada area SD Negeri 02 Pulogading.

Bencana adalah peristiwa yang disebabkan oleh alam atau non-alam dan dapat mengancam serta mengganggu kehidupan manusia. Oleh karena itu, mitigasi bencana, persiapan, respons, dan pemulihan yang baik sangat penting untuk mengurangi dampak buruk serta dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan dalam menghadapi bencana.

Pemetaan jalur evakuasi serta titik kumpul dilakukan pada area SD Negeri 02 Pulogading yang pernah terkena banjir rob. Titik kumpul pada area SD Negeri 02 Pulogading ditetapkan pada wilayah lapangan tengah. Kemudian jalur evakuasi diarahkan menuju lapangan tersebut.

 

Sosialisasi mengenai tata cara evakuasi yang baik dilakukan menggunakan media video animasi untuk meningkatkan antusias siswa-siswi SD Negeri 02 Pulogading. Setelah itu juga dijelaskan terkait peralatan tanggap bencana seperti alat pemadam, alarm bencana, peta evakuasi, dan P3K

Siswa-siswi SD Negeri 02 Pulogading juga diperlihatkan poster serta power point mengenai tata cara evakuasi yang baik serta peta evakuasi agar siswa-siswi SD Negeri 02 Pulogading merasa tertarik untuk memperhatikan materi yang diajarkan.

Penempelan poster dilakukan pada tanggal 27 Juli 2023 bertempat di kelas 6 SD Negeri 02 Pulogading. Para murid terlihat antusias terhadap penampilan poster tersebut. Diharapkan dari pemaparan serta penempelan poster tersebut, dapat memberikan sumber informasi terkait jalur evakuasi dan titik kumpul bencana sehingga dapat membangun pengetahuan spasial kepada penduduk sekolah sehingga meminimalkan dampak dan resiko korban jiwa saat terjadi bencana.

 

Penulis: Muhammad Bintang Firmansyah