Digitalisasi Pemerintahan, Mahasiswa Lakukan Inventarisasi Peraturan Desa Guna Mewujudkan Transparansi Produk Hukum Desa

  • Aug 15, 2023
  • Yudha
  • Pemerintahan, Berita Desa

Brebes (10/8/2023) - Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Tahun 2022/2023 melakukan inventarisasi terkait dengan peraturan desa di Desa Pulogading. Inventarisasi ini dilakukan dengan tujuan sebagai digitalisasi serta keterbukaan informasi yang dalam hal ini produk hukum menjadi objek utamanya. 

Keterbukaan informasi merupakan salah satu bentuk dari transparansi data yang menjadi bagian dari asas pemerintah yang baik. Transparansi sendiri memiliki arti sifat terbuka sehingga bisa diakses oleh semua orang dalam hal ini warga atau masyarakat desa.

Inventarisasi ini dilakukan dengan metode mengumpulkan seluruh produk hukum (APBDes, Peraturan Desa, Keputusan Kepala Desa) yang di Desa Pulogading yang seluruhnya masih berbentuk fisik, setelah dikumpulkan produk hukum ini diubah kedalam bentuk digital dengan cara scanning berkas fisiknya. Yang kemudian berkas tersebut diupload kedalam web desa.

Program kerja ini ditanggapi dengan baik oleh perangkat desa, yang ditunjukkan dengan perangkat desa yang mengarahkan serta membantu penyelenggaraannya. 

 

Penulis : Yudha Farendra Suhari