Ibu Si Menteri Keuangan, Mahasiswa KKN Tim II Undip Lakukan Edukasi Pengelolaan Keuangan Untuk Wujudkan Rumah Tangga Yang Produktif

  • Aug 15, 2023
  • Yudha

Brebes (22/07/2023) - Pengelolaan keuangan merupakan hal penting bagi semua kalangan termasuk ibu rumah tangga. Pengelolaan keuangan dalam keluarga adalah cara mengatur keuangan keluarga dengan sistematis dan cermat melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam hal ini, pengelolaan keuangan rumah tangga dapat membantu untuk mengelola risiko dengan lebih baik, menciptakan peluang dan bagi keluarga untuk keluar dari kesulitan ekonomi serta mewujudkan keluarga yang sejahtera.

Berdasarkan latar belakang tersebut, salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023, Amanda Talitha Ahnaf yang berasal dari Fakultas Sekolah Vokasi melakukan pendampingan dan edukasi melalui program kerja berjudul “Mengelola Keuangan Rumah Tangga Melalui Budgeting untuk Ibu Rumah Tangga di Wilayah Desa Pulogading”. Kegiatan ini dilaksanakan saat acara posyandu bulanan.

Kegiatan dilakukan dengan memberikan edukasi secara langsung mengenai materi pengelolaan keuangan rumah tangga. Materi yang diberikan terdiri dari informasi umum pengelolaan keuangan rumah tangga, mengapa perencanaan keuangan itu sangat penting, bagaimana cara merencanakan keuangan, membuat anggaran sebagai kunci sukses perencanaan keuangan contoh alokasi anggaran pengeluaran dan template anggaran bulanan yang dapat digunakan oleh ibu-ibu di masa mendatang. Kegiatan program terlaksana dengan baik karena para ibu memberikan respon yang aktif dan antusias untuk memahami lebih lanjut mengenai pengelolaan keuangan rumah tangga. Tak lupa, ibu-ibu juga menerima poster berupa rangkuman materi terkait yang dapat disebarkan kepada warga lainnya sebagai upaya mendukung keberhasilan dan keberlanjutan program.

 

Penulis : Amanda Talitha Ahnaf