Pacu Kreativitas Anak, Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Beri Pelatihan serta Pendampingan Para Siswa Kelas 6 SDN Pulogading 02 dalam Pembuatan Aquascape dari Barang Bekas

  • Aug 15, 2023
  • Yudha

Brebes (22/07/2023) - Aquascape merupakan seni menghias kolam dalam suatu tempat seperti akuarium kaca maupun toples bekas menggunakan kompilasi dari tanaman, pasir, dan batu. Manfaat aquascape sendiri adalah untuk menciptakan pemandangan bawah air yang mempertimbangkan aspek pemeliharaan tanaman air serta ikan yang ada di dalamnya. Aquascape juga dapat digunakan sebagai hiasan interior kelas.

Mahasiswa KKN UNDIP TIM II 2022/2023, Nur Salma Dewi menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan aquascape dalam rangka meningkatkan kreativitas anak. Potensi barang bekas banyak ditemukan di sekitar rumah sehingga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan aquascape. Kegiatan pembuatan aquascape dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 21 Juli 2023 di SDN Pulogading 02. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi singkat mengenai aquascape, kemudian dilanjut dengan demonstrasi pembuatan aquascape. Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan aquascape terdiri dari toples bekas, pasir, akar tanaman, dan bebatuan. Para siswa kelas 6 dibagi menjadi 5 kelompok besar, kemudian masing - masing kelompok diberi penanggung jawab untuk mengarahkan jalannya kegiatan, dan penulis mendemonstrasikan pembuatan aquascape di depan kelas.

Kegiatan pembuatan aquascape ditutup dengan foto bersama siswa kelas 6 SDN Pulogading 02 serta menunjukkan hasil karya mereka. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi anak-anak untuk mengasah kreativitas mereka kedepannya.

 

Penulis: Nur Salma Dewi