Postur Tubuh yang Buruk dapat Berakibat Fatal, Mahasiswa KKN UNDIP Libatkan 100 Pelajar Sekolah Dasar Belajar Postur Tubuh Yang Baik

  • Aug 15, 2023
  • Yudha
  • Kesehatan, Berita Desa, Pendidikan, Olahraga, Organisasi

Brebes (23/07/2023) - Sosialisasi MSDS tentang postur tubuh yang baik saat belajar merupakan sosialisasi yang penting kepada anak-anak. Sosialisasi tersebut diberikan oleh Muhammad Bintang Firmansyah yang merupakan mahasiswa KKN Tim II UNDIP Tahun 2022/2023 dari Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro kepada siswa-siswi SD Negeri 02 Pulogading pada hari Rabu, 23 Juli 2023. Sosialisasi MSDS tentang postur tubuh yang baik saat duduk dilakukan dengan memberikan materi kepada 100 siswa-siswi SD Negeri 02 Pulogading, materi tersebut berisi mengenai seperti apa posisi duduk, berdiri, berjalan, dan mengambil barang yang benar. Selain itu, juga diberikan materi terkait dampak yang dapat terjadi jika duduk dengan posisi yang tidak benar serta cara pencegahannya. Sosialisasi tersebut penting dikarenakan dapat menghindari anak-anak memiliki kelainan yaitu Lordosis, Skoliosis, dan Kifosis. 

MSDS atau Musculoskeletal Disorders merupakan gangguan yang disebabkan ketika seseorang melakukan aktivitas kerja dan pekerjaan yang signifikan sehingga mempengaruhi adanya fungsi normal jaringan halus pada sistem Muskuloskeletal yang mencakup saraf, tendon, otot. (WHO, 2003). 

Siswa-siswi SD Negeri 02 Pulogading mempraktikkan cara duduk yang benar dengan duduk tegak, siku membentuk huruf L, kaki menyentuh lantai, menggunakan alas kaki atau penyangga jika kaki tidak dapat menyentuh lantai. Kemudian, siswa juga mempraktikkan posisi berdiri yang benar dengan kepala tegak, punggung lurus, posisi kaki sejajar dengan bahu, dan bahu santai.  Selanjutnya, siswa mempraktikkan cara berjalan dengan benar dengan kepala tegak, punggung lurus, bahu santai dan selalu memperhatikan permukaan jalan yang dilalui. Setelah itu, siswa mempraktikkan posisi memungut yang benar dengan cara meluruskan punggung dan membengkokkan lutut.

Setelah siswa mempraktikkan posisi duduk, berdiri, berjalan, seta memungut dengan benar, siswa siswi diberikan games yang bertujuan untuk mengetes ingatan terkait materi yang telah disampaikan. Games ini dilakukan dengan cara memberikan simbol benar dan salah kepada siswa siswi. Kemudian, mahasiswa akan memperagakan posisi duduk, berdiri, berjalan, dan memungut. 

Lalu, siswa-siswi dapat menebak apakah postur yang diperagakan sudah benar atau belum dengan cara mengangkat simbol yang telah diberikan. Berdasarkan games yang diberikan tersebut, didapatkan bahwa 94% siswa-siswi SD Negeri 02 Pulogading dapat menebak dengan benar postur yang diperagakan.

Siswa-siswi SD Negeri 02 Pulogading juga diperlihatkan poster serta power point mengenai MSDS atau Musculoskeletal Disorders agar siswa-siswi SD Negeri 02 Pulogading merasa tertarik untuk memperhatikan materi yang diajarkan.

Penempelan poster dilakukan pada tanggal 23 Juli 2023 bertempat di kelas 4, 5, dan 6 SD Negeri 02 Pulogading. Para murid terlihat antusias terhadap penampilan poster tersebut.Diharapkan dari pemaparan serta penempelan poster tersebut, dapat memberikan pengetahuan sejak dini kepada siswa-siswi SD Negeri 02 Pulogading tentang cara duduk, berdiri, berjalan, dan memungut yang baik sehingga saat mereka dewasa tidak mengalami gangguan penyakit terkait postur tubuh.

Penulis: Muhammad Bintang Firmansyah