Stop Putus Sekolah, Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Psikoedukasi Motivasi Belajar Ke Hampir 100 Siswa SDN Pulogading 02.

  • Aug 15, 2023
  • Yudha

Brebes (23/7/2023) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (Undip) telah menciptakan dampak positif bagi masyarakat, khususnya pelajar di SDN Pulogading 02, Kabupaten Brebes. Dengan berfokus pada isu putus sekolah yang sering menjadi permasalahan di Pulogading, Zefanya Kaseger selaku mahasiswa Fakultas Psikologi mengembangkan Program Psikoedukasi Motivasi Belajar sebagai upaya mengurangi angka putus sekolah. Melalui pendekatan inovatif dan interaktif, program ini berhasil menambah pemahaman dan menarik minat para siswa untuk tetap bersemangat dalam mengejar pendidikannya.

Program Psikoedukasi Motivasi Belajar yang dilakukan selama dua hari pada tanggal 21 & 22 Juli ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan mengatasi hambatan psikologis yang sering dialami oleh siswa di desa Pulogading. Salah satu permasalahan utama adalah kurangnya pemahaman siswa dan orang tua terhadap pentingnya pendidikan. “Banyak masyarakat di desa ini itu nelayan atau pelaut yang pergi hingga luar negeri. Pendapatannya bisa mencapai puluhan juta, tanpa perlu pendidikan yang tinggi, sehingga banyak orang tua belum sadar tentang pentingnya sekolah” Ucap Ibu Tin Baeturohmah S.Pd., M.M. selaku Kepala Sekolah SDN Pulogading 02.

Menanggapi hal tersebut, program psikoedukasi Motivasi Belajar pun dilakukan untuk meningkatkan kesadaran siswa terkait pentingnya pendidikan. Kegiatan psikoedukasi yang diberikan kepada 93 siswa dari kelas 4 – 6 SDN Pulogading 02 ini diawali dengan permainan interaktif yang menarik, kemudian dilanjutkan dengan materi terkait apa itu belajar, tujuan dan manfaatnya, hingga beberapa strategi belajar efektif yang dapat diterapkan oleh siswa. Program psikoedukasi yang telah sukses berjalan dengan lancar ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penurunan angka putus sekolah di Pulogading.

 

Penulis: Zefanya Kaseger