Tingkatkan Selera Makan Anak, Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Mengajak Siswa Siswi Kelas 3 SDN Pulogading 02 agar Gemar Makan Ikan

  • Aug 15, 2023
  • Yudha

Brebes (21/07/2023) - Ikan merupakan sumber protein hewani yang mudah diperoleh khususnya pada daerah pesisir utara Jawa. Seperti yang Ibu Susi harapkan bahwa dengan meningkatnya konsumsi ikan, masyarakat Indonesia dapat tumbuh dengan sehat dan anak-anak menjadi semakin pintar. Kampanye gemar makan ikan ini dilakukan agar generasi muda penerus bangsa memperoleh pemenuhan nutrisi dari hewan laut. Kampanye gemar makan ikan ini adalah bagian dari program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak dalam konsumsi makanan sehat.

Mahasiswa KKN UNDIP TIM II 2022/2023, Nur Salma Dewi menyelenggarakan sosialisasi gemar makan ikan pada hari Kamis tanggal 20 Juli 2023 di SDN Pulogading 02. Kegiatan sosialisasi diawali dari penyampaian materi melalui video yang memuat tentang pengertian gemar makan ikan, pentingnya makan ikan, dan jenis ikan yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Selain pemaparan materi, penulis juga melakukan kuis menebak jenis ikan yang dapat dikonsumsi, serta pemberian hadiah bagi anak-anak yang bisa menjawab. Kegiatan terakhir dari program sosialisasi ini adalah pembagian siomay ikan pada anak - anak kelas 3 SDN Pulogading 02.

Kegiatan sosialisasi GEMI (Gemar Makan Ikan) ini diharapkan dapat meningkatkan selera makan anak terhadap ikan, baik yang diolah menjadi diversifikasi produk makanan maupun tidak. Selain itu anak-anak juga dapat mengetahui manfaat dari mengkonsumsi ikan.

 

Penulis: Nur Salma Dewi